Kegiatan Pengembangan Kreatif Untuk Anak

Kegiatan Pengembangan Kreatif Untuk Anak – Anak-anak dilahirkan kreatif. Jika Anda ragu bahwa bahkan untuk satu detik, berikan beberapa cat dan kamar kosong kepada anak berusia tiga atau empat tahun. Anda akan terkejut dengan semua seni modern yang menghiasi dinding (dan bagian tubuhnya serta pakaiannya) dalam waktu kurang dari sepuluh menit.

Kegiatan Pengembangan Kreatif Untuk Anak

thethinkingblog – Namun, seniman berukuran kecil ini membutuhkan sedikit bimbingan untuk menyalurkan semua kreativitas itu menjadi sesuatu yang produktif, dan di situlah kita, sebagai orang tua, turun tangan.

Perkembangan kreatif pada anak-anak prasekolah adalah tentang memelihara imajinasi mereka yang terlalu aktif dan mempromosikan keterampilan yang penting untuk perkembangan sosial, mental, dan fisik mereka.

Apakah itu terdengar terlalu rumit? Nah, jangan khawatir! Tidak ada yang rumit dalam mengajarkan kreativitas kepada anak-anak karena.

Tercantum di bawah ini adalah kegiatan pengembangan kreatif super menyenangkan untuk anak-anak prasekolah yang semudah membuat anak Anda makan kue choco-chip dan pasti akan meningkatkan kejeniusan kreatifnya juga.

Hewan Cat Keren

Untuk kegiatan ini, Anda memerlukan satu lembar kertas besar dan beberapa cat.

Lipat selembar kertas menjadi dua dan kemudian buka lipatannya. Minta anak prasekolah Anda untuk meletakkan gumpalan cat pada setengah kertas. Itu bisa menjadi satu warna atau campuran beberapa.

Sekarang lipat separuh kertas lainnya di atas cat saat masih basah dan beri tahu artis kecil Anda untuk dengan lembut menghaluskan kertas di atas cat dengan tangan mungilnya. Biarkan dia menikmati tugas untuk sementara waktu.

Baca Juga : Cara Mendorong Berpikir Kreatif Pada Anak 

Kemudian buka kertasnya dengan hati-hati dan voila…kau punya kupu-kupu cantik dengan pola menarik di sayapnya! Atau apakah itu peri dengan tongkat ajaib? Atau laba-laba dengan kaki yang tampak lucu?

Biarkan imajinasi anak Anda berjalan bebas. Dorong dia untuk melihat hewan apa yang telah dia bentuk. Biarkan dia menunjukkan bagian tubuhnya kepada Anda. Untuk kegiatan serupa, lihat 10 proyek seni TK ini !

Bermain Peran

Anak prasekolah saya hanya ‘menyukai’ sesi cerita pengantar tidurnya, tidak seperti ibunya yang sangat lelah di penghujung hari.

Setiap malam, saya meyakinkan diri sendiri bahwa kecintaannya pada cerita lebih penting daripada kecintaan saya pada tidur, dan mulai mengerjakan tugas dengan harapan dia tertidur dalam lima menit ke depan.

Bahwa dia tidak pernah melakukannya adalah cerita lain.

Sekarang pada malam-malam ketika saya tidak terlalu tertarik untuk memukul bantal, kami memutuskan untuk memerankan peran dari cerita. Si kecil saya suka bermain Cinderella. Peran mana yang saya mainkan (ibu tiri atau ibu peri) sangat tergantung pada suasana hatinya, tapi kami pasti bersenang-senang!

Terlebih lagi, menggunakan permainan peran untuk menanggapi cerita membantunya mengembangkan keterampilan komunikasi yang penting dan juga membangun kepercayaan dirinya.

Bersenang-senang dengan Benda Sehari-hari

Saya sangat percaya bahwa Anda tidak perlu mainan mahal untuk membuat balita atau anak prasekolah Anda sibuk.

Menggunakan benda-benda sehari-hari seperti koran bekas, lem, botol plastik kosong, pita, kotak kardus, tisu toilet kosong, dll. untuk kegiatan sederhana dan menyenangkan adalah cara yang bagus untuk mendorong perkembangan kreatif pada anak-anak prasekolah.

Misalnya, Anda dapat mengumpulkan dedaunan dari berbagai bentuk dari taman, mencelupkannya ke dalam cat, dan membantu anak prasekolah Anda menciptakan kesan mereka.

Atau Anda bisa langsung mengosongkan kardus dan memberikannya kepada si kecil. Dia bisa mengubahnya menjadi rumah untuk boneka teddy favoritnya atau garasi untuk mobilnya.

Bahkan sendok dan wajan di dapur Anda bisa menjadi perangkat drum yang bagus untuk si kecil. Jangan lupa untuk menutup telinga Anda dengan bola kapas sebelum dia memulai pertunjukannya.

Mainkan Kreativitas Adonan

Saya yakin semua anak prasekolah terpesona dengan binatang. Milik saya saat ini terobsesi dengan kera. Tidak peduli salah satu dari mereka yang dia lihat, dia bersikeras memanggil mereka SEMUA ‘gorila’.

Pokoknya, kegiatan super seru untuk meningkatkan kreativitas jagoan kecil Anda adalah membuat adonan mainan dan mengajak si kecil membuat bentuk binatang dengan pemotong kue. Bantu dia melukis dan menghiasnya nanti.

Kesenangan Sponge-y

Untuk aktivitas menyenangkan ini, cukup potong spons menjadi bentuk sederhana seperti lingkaran, hati, bintang, dan kotak.

Sekarang biarkan artis pemula Anda mencelupkannya ke dalam warna yang berbeda dan mengoleskannya pada selembar kertas untuk membuat sebuah mahakarya!

Kegiatan sederhana ini akan mengajarkan pengenalan bentuk pada anak Anda sekaligus memberinya kemampuan untuk menunjukkan kejeniusan kreatifnya.

Merobek dan menempel

Jangan anak-anak prasekolah hanya menyukai kertas sobek! Setidaknya milikku! Jadi saya memutuskan untuk memanfaatkan hobinya yang tidak terlalu menarik ini.

Pada hari-hari dia benar-benar merasa gatal untuk merobek beberapa kertas, saya menyembunyikan semua kertas asuransi yang dapat saya temukan di rumah (yang tidak saya lakukan beberapa bulan yang lalu dan menghadapi akibatnya!) dan memberikan kertas tisu dengan warna berbeda untuk robek. .

Kemudian, saya memberinya lem dan selembar kertas dengan beberapa objek yang digambar di atasnya. Sekarang dia harus menempelkan sobekan kertas tisu itu ke objek itu menggunakan imajinasi dan kreativitasnya.

Misalnya, Anda dapat menggambar apel besar dengan daun di atasnya dan memberi munchkin Anda satu kertas tisu berwarna merah dan satu hijau yang harus dia sobek dan tempel di gambar.

Selain sangat memuaskan dan menyenangkan bagi si kecil, aktivitas menyobek dan menempel ini juga merupakan cara yang bagus untuk mengembangkan keterampilan motorik halusnya.

Ajak mereka untuk memilih

Saya tahu anak-anak prasekolah tidak memiliki hak suara di negara mana pun di planet ini untuk saat ini, tetapi itu tidak berarti mereka tidak dapat memilih!

Musim Panas vs. Musim Dingin, Anjing vs. Kucing, Spiderman vs. Batman, Pizza vs. Pasta, Icecream vs. Choco-chip Cookies, Mommy vs. Daddy…

Oke, hentikan yang terakhir untuk kesehatan mental semua orang.

Dorong anak Anda untuk memilih hal-hal yang dia sukai dan minta dia untuk memberikan alasan mengapa dia memilihnya. Cobalah untuk berdebat kecil.

Kegiatan seperti ini membantu anak Anda mengembangkan kekuatan penalaran, yang merupakan keterampilan yang sangat penting bagi pikiran muda dalam perjalanan ke taman kanak-kanak.

So Soalnya, mengembangkan kreativitas pada si kecil tidak perlu terlalu banyak waktu dan tenaga. Libatkan saja anak prasekolah Anda dalam kegiatan kreatif yang sederhana namun menyenangkan untuk balita ini dan bersiaplah untuk menontonnya dalam penampilan terbaiknya!