Gamer Seluruh Dunia Memboikot Blizzard Dan Mendukung Protes Hong Kong

Gamer Seluruh Dunia Memboikot Blizzard Dan Mendukung Protes Hong Kong – Anda pasti sudah tahu kalau sejak Juni 2019 Hong Kong membara karena adanya wacana mengenai aturan baru yang akan memudahkan ekstradisi tersangka criminal ke Cina. Wacana aturan baru tersebut lah yang memantik gelombang protes sangat besar di Hong Kong. Apabila hukum tersebut disahkan, maka akan mengancam jurnalis serta aktivis bahkan menambah kuasa pemerintahan Cina atas Hong Kong.

Lalu setelah gelombang protes yang berlangsung cukup lama, pada bulan September 2019 Pemimpin Eksekutif Carrie Lam akhirnya membatalkan aturan tersebut. Akan tetapi warga Hong Kong terus turun ke jalan untuk menuntut demokratisasi penuh dan juga pengusutan terkait tindakan brutal para aparat keamanan dalam merepresi demonstrasi yang berlangsung. Tanggal 1 Oktober 2019 lalu ketika Cina merayakan 70 tahun kekuasaan Partai Komunis, seorang demonstran yang berusia 18 tahun ditembak dengan peluru. Empat hari setelahnya, dukungan dari berbagai kalangan datang secara tak terduga dan babak baru dalam protes mulai muncul.

Chung Ng Wai, seorang gamer asal Taiwan yang kerap disapa Blitzchung telah menjuarai berbagai turnamen game Hearthstone tingkat Asia – Pasifik. Dia adalah salah satu pemain Hearthstone top dunia dan sudah mencapai tingkat Grandmaster. Persoalan muncul ketika ia diwawancarai setelah mendapatkan gelar juara turnamen tersebut, Blitzchung muncul dengan mengenakan kaos bergambar masker gas, sebuah simbol protes Hong Kong dan mengatakan “Liberate Hong Kong! Revolution of our age!”.
Penyiar yang mewawancarai Blitzchung panik dan langsung menutup wajahnya serta bersembunyi di bawah meja. Proses wawancara tersebut pun langsung dipotong dan diganti dengan iklan. Pengembang game Hearthstone yaitu Activision Blizzard akhirnya bertindak dan mencabut gelar Grandmaster Blitzchung, mengambil kembali uang juara kompetisinya serta melarang Blitzchung untuk bermain dalam turnamen Hearthstone selama 1 tahun. Selain itu, Blizzard juga menghentikan kerja sama dengan kedua penyiar yang mewawancarai Blitzchung ketika momen tersebut terjadi.

Respon dari Blizzard membangkitkan amarah komunitas gamer di seluruh dunia. Setelah pencekalan Blitzchung, tagar #BoycottBlizzard pun mengudara. Di Reddit, para gamer ramai-ramai membajak percakapan dalam subreddit r/Hearthstone dan juga r/Blizzard yang sering digunakan untuk mempromosikan game judi online. Akhirnya r/Blizzard ditutup sementara tanggal 8 Oktober 2019 akibat kritik fans yang tidak berhenti. Kemudian unggahan bendera Cina yang dicoreng oleh logo Blizzard mendapatkan vote paling tinggi di r/Hearthstone.

Di luar itu, para gamer di seluruh dunia juga mengumumkan mereka akan berhenti memainkan Hearthstone atas pencekalan Blitzchung. Selain itu, mereka bahkan menghentikan langganan game World of Warcraft yang menjadi salah satu game dari Blizzard. Lalu tanggal 10 Oktober 2019, 3 pemain pro Hearthstone yang ada di Amerika Serikat mengangkat poster dengan tulisan “Free Hong Kong, Boycott Blizz” di tengah-tengah livestream kompetisi resmi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *