Cara Menjadi Lebih Kreatif Dan Meningkatkan Kebahagiaan

Cara Menjadi Lebih Kreatif Dan Meningkatkan Kebahagiaan – Anda selalu tahu bahwa mengembangkan kreativitas Anda baik untuk pemecahan masalah, motivasi, dan pertumbuhan karier, tetapi penelitian juga menunjukkan ketika Anda mengekspresikan kreativitas Anda, Anda akan mengalami kesejahteraan dan kebahagiaan yang lebih besar. Dan siapa yang tidak menginginkan lebih dari itu?

Cara Menjadi Lebih Kreatif Dan Meningkatkan Kebahagiaan

thethinkingblog – Bagi sebagian orang, kreativitas mungkin tampak di luar jangkauan hanya diperuntukkan bagi mereka yang melukis atau memahat atau memainkan biola. Namun, pada kenyataannya, kreativitas adalah sesuatu yang bisa kita semua akses. Faktanya, pekerjaan apa pun (atau kehidupan!) mendapat manfaat dari pemikiran kreatif, dan setiap orang dapat mengekspresikannya dengan cara mereka sendiri.

Kreativitas juga tampaknya menjadi jalan pasti untuk mengalami lebih banyak kebahagiaan . Ironisnya, jika Anda mengejar kebahagiaan demi kebahagiaan itu sendiri, kemungkinan Anda tidak akan mencapainya. Tetapi Anda dapat memanfaatkan kebahagiaan dengan menciptakan kondisi di mana Anda dapat mengaksesnya dan pengejaran kreatif adalah cara yang pasti untuk mendatangkan lebih banyak kegembiraan.

Kreativitas dan Seni Meningkatkan Kesejahteraan dan Kebahagiaan

Berbagai penelitian telah menunjukkan korelasi antara kreativitas, seni, kesejahteraan, dan kebahagiaan. Kesehatan mental dan kesejahteraan ditingkatkan dengan pencarian yang lebih kreatif. British Journal of Clinical Psychology menerbitkan sebuah penelitian yang menunjukkan ketika orang terlibat dalam kegiatan yang berorientasi pada seni, mereka melihat peningkatan emosi positif dan pengurangan emosi negatif membawa kebahagiaan yang lebih besar secara keseluruhan.

Dalam studi terkait oleh The University of Otago , mereka yang terlibat dalam kegiatan kreatif memiliki perasaan yang lebih positif secara umum. Dan yang menarik, perasaan positif mereka mendorong aktivitas kreatif tambahan. Kreativitas memberi makan positif, yang pada gilirannya, memberi makan kreativitas, sehingga membentuk hubungan yang memperkuat. Sebuah studi di Drexel University menemukan ketika orang melakukan lebih banyak karya seni bahkan mencoret-coret atau mewarnai mereka mengalami dorongan pada jalur kesenangan otak mereka.

Baca Juga : 7 Tips Tetap Kreatif Selama PPKM

Aliran darah tambahan ke pusat penghargaan otak mereka membuat mereka merasa lebih bahagia, dan lebih percaya diri tentang seni mereka dan meningkatkan keinginan mereka untuk terlibat dalam kegiatan kreatif tambahan. Efek dari penciptaan seni yang signifikan bagi non-seniman serta seniman.

Faktor yang menghubungkan kreativitas dan kebahagiaan adalah empati dan fokus pada orang lain. Ketika kita fokus pada penerapan bakat kita untuk membantu orang lain, kita merasa lebih bahagia. Ini didokumentasikan dengan baik dalam berbagai penelitian. Tetapi juga benar bahwa ketika empati ditingkatkan, hal ini dapat menghasilkan kreativitas dan pemecahan masalah yang lebih besar, menurut sebuah penelitian Universitas Cambridge .

Menumbuhkan Kreativitas dan Kebahagiaan

Jadi, kreativitas dan kebahagiaan berkaitan erat, dan ini berimplikasi pada pekerjaan dan kehidupan. Inilah cara Anda membuatnya penting:

Temukan zona bebas penilaian. Kita cenderung memanfaatkan pemikiran kreatif terbaik kita ketika kita dapat mengecilkan volume kritik—baik kritikus batin kita maupun orang-orang di sekitar kita. Anda membutuhkan ruang untuk mengeksplorasi ide-ide baru, membuat koneksi baru dan mensintesis informasi tanpa penilaian. Bagaimanapun, ide-ide baru bisa rapuh. Faktor lain yang dapat menghalangi pemikiran bebas adalah kurangnya waktu.

Seringkali, ketika kita mencoba memecahkan masalah di tempat kerja atau menemukan solusi terbaik untuk tantangan hidup, ada urgensi yang terlibat. Kebutuhan untuk melakukan sesuatu dengan benar dalam kombinasi dengan perasaan terburu-buru dapat menghancurkan ide-ide pemula. Temukan cara untuk melarikan diri baik secara fisik maupun mental untuk memberi diri Anda lebih banyak waktu dan ruang. Ketika Anda dapat menjauhkan diri dari kritik (dalam atau luar) dan tekanan waktu, itu dapat melakukan keajaiban bagi rasa kebebasan Anda untuk berpikir dan berefleksi. Temukan kepompong sementara,

Temukan orang-orang Anda . Pengejaran kreatif dapat bersifat individual dan kolektif. Bagi sebagian orang, tempat bahagia mereka adalah saat-saat menyendiri di mana mereka memecahkan masalah yang sulit dengan menerapkan pemikiran baru atau berfokus secara individu untuk menciptakan sesuatu yang baru. Tetapi bagi yang lain, upaya kreatif ditingkatkan ketika mereka bekerja dengan tim mereka atau berkumpul dengan kelompok mereka.

Di mana pun Anda menikmati berkreasi, sebagian besar upaya kreatif pada akhirnya memiliki komponen sosial. Pelanggan akan mendapat manfaat dari solusi baru Anda untuk suatu masalah atau teman akan memberi Anda pujian untuk kreasi masakan terbaru Anda. Bergabunglah dengan orang-orang Anda di titik-titik yang terbaik bagi Anda untuk menciptakan, mendapatkan umpan balik, atau menikmati tanggapan positif mereka dan merayakan kecemerlangan Anda.

Bebaskan pikiran Anda . Unsur lain dari kreativitas dan kebahagiaan adalah rasa perluasan dan perasaan bebas. Inovasi baru yang hebat biasanya lahir dengan menyatukan ide-ide yang tidak sama atau menggabungkan konsep dengan cara yang belum teruji. Ketika Anda menjelajahi lebih bebas dan memiliki kesempatan untuk berpikir Anda menyimpang dan rasa ingin tahu Anda terpuaskan, Anda akan menciptakan kondisi untuk kebahagiaan dan kreativitas.

Anda akan menghasilkan lebih banyak ide, dan jumlah ide yang lebih banyak menghasilkan kualitas yang lebih baik. Anda akan melihat kemungkinan baru dalam kombinasi konsep baru. Jelajahi secara luas. Pergi ke teater, menonton drama, atau membaca buku di luar genre Anda yang biasa. Mulailah berteman dengan orang-orang yang berpikiran berbeda dari Anda. Perluasan input Anda ini akan berkontribusi pada hasil kreatif Anda dan pengalaman kegembiraan Anda.

Carilah pengalaman kekaguman . Saat-saat keajaiban akan menginspirasi Anda. Mereka cenderung memotivasi rasa ingin tahu dan eksplorasi, dan mereka cenderung menumbuhkan perasaan terhubung dengan orang lain. Studi oleh University of California menemukan pengalaman menakjubkan menyebabkan pelepasan protein yang disebut sitokin yang memiliki efek positif pada kebahagiaan, kesejahteraan dan kreativitas. Habiskan waktu di alam, nikmati matahari terbenam, hargai keindahan bunga atau tenggelamkan diri Anda dalam musik atau karya seni, dan ini pada gilirannya akan menginspirasi kreativitas dan kebahagiaan Anda.

Dapatkan fisik . Olahraga juga dapat meningkatkan kreativitas. Sebuah studi di University of Leiden menemukan ketika orang berolahraga, mereka cenderung mengekspresikan pemikiran kreatif yang lebih besar. Studi lain oleh Universitas Stanford menemukan orang lebih kreatif selama dan setelah mereka berjalan-jalan.

Para peneliti berhipotesis bahwa kreativitas ditingkatkan melalui aktivitas fisik karena peningkatan aliran darah ke otak dan karena ‘penipisan ego’ di mana orang dapat membiarkan pikiran mereka mengembara saat mereka berusaha melakukan tugas-tugas fisik. Untuk kebahagiaan dan kreativitas Anda, aktiflah melalui jalan kaki atau kegiatan lain yang memanfaatkan kemampuan fisik Anda.

Anda melakukan Anda . Elemen kunci lain dari kreativitas adalah ekspresi diri. Ini adalah bagian penting dari kebahagiaan juga. Ketika Anda dapat menjadi diri sendiri lebih sepenuhnya—di tempat kerja dan dalam kehidupan—Anda akan cenderung menikmati kesehatan mental dan kesuksesan karier yang lebih besar. Anda akan dapat menginspirasi kontribusi terbaik dan unik Anda kepada komunitas.

Saat Anda berada di tengah pengejaran kreatif, manfaatkan kepercayaan diri kreatif Anda dan ambil risiko. Seperti kata pepatah, “Perahu yang tidak kemana-mana tidak akan membuat ombak.” Tempatkan diri Anda di luar sana. Buat beberapa gelombang. Berani mencoba sesuatu yang mungkin berada di luar bidang keahlian Anda dan karenanya lebih kreatif atau tidak terduga.

Alhasil

Pengejaran kreatif dapat berupa apa saja yang memanfaatkan bakat atau minat Anda, dan Anda dapat mengikuti hasrat Anda dalam pekerjaan Anda atau di luar pekerjaan Anda. Tidak peduli bagaimana Anda memilih untuk mempertahankan otot kreatif Anda, prosesnya akan mengatur kondisi untuk kebahagiaan yang lebih besar , yang akan mengatur panggung untuk aktivitas yang lebih kreatif.

Kreativitas adalah sumber kehidupan. Manusia mendambakan menemukan jalur baru, memecahkan masalah, dan membangun sesuatu yang baru dan Anda dapat memenuhi kebutuhan ini dan kebahagiaan Anda pada saat yang bersamaan.