7 Kekayaan Indonesia yang mendunia

7 Kekayaan Indonesia yang mendunia

thethinkingblog – Sebagai negara berkembang, Indonesia telah mengalami kemajuan pesat di segala bidang. Masyarakat Indonesia semakin merasakan pergeseran ke arah yang lebih menjanjikan. Meski bertahap, perubahan yang dirasakan niscaya menunjukkan bahwa Indonesia memiliki masa depan yang lebih cerah.Indonesia merupakan negara yang banyak bagus alam ataupun budayanya. Sebagai masyarakat Indonesia kita wajib besar hati dengan kekayaan ini sebab di luar situ bangsa bangsa lain memuja serta menagagumi kekayaan yang kita memiliki ini.

Hendak lebih bijaksana serta telah sepatutnya kita melestarikan kekayaan alam serta adat kita alhasil kian bertumbuh serta terus menjadi diketahui dimata global. Berikut ini 7 Kekayaan Indonesia yang mendunia kami rangkum dari berbagai sumber :

7 Kekayaan Indonesia yang mendunia

1. Musium Batik di Jerman

Musium Batik di Jerman
Surya – Tribunnews.com

Batik merupakan ekspresi budaya masyarakat Indonesia, dan batik merupakan warisan asli Indonesia. Fakta membuktikan bahwa tidak hanya orang Indonesia yang menyukai batik. Sebut saja Rudolf, pria asal Jerman ini adalah pengagum batik, bahkan mendirikan galeri dan museum batik di Jerman. Museum ini terletak di sebuah galeri di pusat kota Cologne, Jerman, tepatnya di area “e” Mainzerstra.Rudolf G Smend mengetahui bahwa museum batik dan galeri seninya telah beroperasi sejak tahun 1973. Saat itu, dia mengunjungi Yogyakarta tepatnya di Indonesia. Museum Batik dan Museum Lilin telah berdiri selama 40 tahun. Galeri batik semakin banyak diisi dengan batik tulis tangan Indonesia.

Banyak pakar batik Eropa menyebut Rudolf G Smend sebagai penikmat batik. Pecinta dan kolektor serta pakar batik Indonesia. Koleksi batik lamanya berisi sekitar 2.000 buah, dan Pak Smend menceritakan pengenalan batik kepadanya. Pada tahun 1972, ia dan calon istrinya beremigrasi dari Jerman ke Australia. Melewati beberapa negara Asia, seperti Afganistan, Malaysia, dan Indonesia. Secara tidak sengaja, dia bertemu dengan batik, jatuh cinta, dan memutuskan untuk kembali ke Jerman. Kemudian dia mendirikan toko batik di Mainzer Strasse di Cologne, Jerman. Mereka menjual batik Indonesia.

Saat itu batik belum begitu dikenal di Jerman, sehingga banyak yang pesimis dan percaya museum ini akan bertahan lama. Faktanya, itu berlangsung selama lebih dari 40 tahun. Batik telah menjadi trend fashion di Jerman sejak akhir 1970-an hingga awal 1980-an. Smend Gallery tidak hanya menjual batik Indonesia, tetapi juga dari Malaysia dan Sri Lanka tidak hanya menjual pernak-pernik batik dan kain batik. Namun, ia juga mengajak para ahli batik Jawa untuk mengajar seni membatik. Smend menulis buku tentang batik dengan ahli batik Eropa dan Amerika, atau berbagi keahliannya dalam membatik kuno.Smend memberiku buku terbarunya “Batik, Tekstil Tradisional Indonesia”. Dikeluarkan pada tahun 2005. Berisi koleksi batik Jawa, Madura, dan Sumatera kuno dari akhir 1800-an hingga 1930-an.

2. Taman Ganesha di Belgia

Taman Ganesha di Belgia
armylookfashion.com

Jika Anda akan berlibur ke Belgia, jangan lupa mampir ke Bruglette. Sebuah taman Indonesia telah dibangun, yang disebut Kerajaan Ganesha. Anda akan melihat miniatur Indonesia yang mirip dengan Taman Mini Indonesia yang indah di Jakarta. Taman seluas lima hektar ini dibuka pada 20 Mei 2009. Pendirian taman merupakan apresiasi dan penghormatan kepada masyarakat Indonesia.Pemilik taman menamakannya Kerajaan Ganesha untuk memberi penghormatan dan penghormatan kepada rakyat Indonesia. Taman ini didirikan oleh Eric Domb, CEO Parc Paradisio, dan dibuka pada tanggal 20 Mei 2009, ketika Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Republik Indonesia Jero Vasi ahli khusus dari Jero Wacik dan DUber RI, Najib Rifat Kesoema, Pemasaran Pariwisata Direktur Sapta Nirwandar dan Menbudpar Harbunangin. Upacara peresmian taman ini dilakukan dengan upacara yang rumit di Bali bersama dokter gigi Pura Agung Shanti Buwana. Sekitar 800 pengunjung menyaksikan pekarangan taman ini.

Bagian dari taman yang oleh Eric Domb disebut sebagai “emotion park” adalah rumah Toraja yang dapat ditemukan di depan gerbang masuk. Rumah Tana Toraja ini dibangun di tepi danau buatan. Rumah-rumah kecil Tongkonan (rumah adat Tiraja) tampaknya menarik perhatian semua pengunjung taman. Selain itu, terdapat Pura Agung Hanti Buwana yang juga digunakan pada acara peresmian taman tersebut. Ukuran replika Pura Agung Hanti Buwana tidak seperti Candi Borobudur dan Prambanan, melainkan ukuran aslinya.Dikelilingi oleh hamparan persawahan ala Ubud Bali, persawahan ini bertingkat-tingkat, jadi anda bisa benar-benar merasakan suasana Bali disini. Pada bagian taman, deretan rumah adat Nusa Tenggara Timur disusun berjajar mengelilingi taman.

Suasana unik Indonesia ini sangat menonjol, seperti patung, akar pohon purba, dan fosil kayu gelondongan besar. Dalam pengerjaan kediaman tradisional di Nusa Tenggara ini, Eric Domb menggaji seniman Indonesia, sehingga pahatan dan detail lainnya di dinding menjadi sempurna. Apresiasi Eric Domb ternyata merupakan respon yang baik dari Indonesia Dalam rangka merayakan 60 tahun hubungan diplomatik yang baik antara Indonesia dan Belgia, Indonesia langsung mengirimkan gajah Sumatera ke Indonesia. Tunjukkan rasa hormat. Pemberian itu dibuat pada Agustus 2009 dan diharapkan bisa ditambahkan ke koleksi Kerajaan Ganesha.Belgia bersama Australia dan Amerika Serikat menjadi Tri-Nation Council dan menjadi salah satu mediator penyelesaian sengketa Indonesia-Belanda setelah Indonesia merdeka. Selain itu, Belgia telah membantu Indonesia dalam banyak hal. Dimulai dengan salah satu pasukan perdamaian dari Indonesia dan GAM berdasarkan Perjanjian Helsinki, Belgia pernah mengirimkan empat personel militer untuk menjaga perdamaian antara dua kubu GAM dan Indonesia, dan kini kedua batalyon tersebut telah dibubarkan oleh GAM.

Selain itu, di antara organisasi internasional, Indonesia mendukung pencalonan Belgia di United Nations Commission on Narcotic Drugs pada 2006-2009, dan didukung oleh Belgia. Nuglio Wismo, anggota United Nations International Committee (ILC) 2007-2011 Duta Besar Nugroho WIsnumurti mendapat dukungan dari Belgia. Wakil Presiden Indonesia, Muhammad Jusuf Kalla (Muhammad Jusuf Kalla) meraih bintang jasa utama Panglima Leopold, yang merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan oleh pemerintah.Dari segi ekonomi, Belgia adalah mitra dagang terbesar kedelapan Indonesia di UE, mencapai 1,8 miliar dolar AS pada 2014. Investasi Belgia di Indonesia juga cukup bagus, di antaranya ada 3 pabrik yang beroperasi di Indonesia yang telah menyerap ribuan tenaga kerja Indonesia. Ketiga pabrik tersebut adalah PT Eternit Gresik, perusahaan manufaktur yang menjual bahan bangunan, PT Bekaert Indonesia yang memproduksi kawat baja dan teknologi pelapis, serta Belgian Tool Services yang memproduksi pisau.

Baca Juga : 7 Kasus Mutilasi di Indonesia

3. Rendang dan Nasi Goreng Makanan Terlezat di Dunia

Rendang dan Nasi Goreng Makanan Terlezat di Dunia
detikFood

Dua simbol kuliner Tanah Air tersebut adalah rendang dan nasi goreng yang dianggap sebagai makanan terbaik dunia, peringkat pertama, dan CNN peringkat kedua. Kemenpar juga bangga dengan pencapaian ini: “Rendang dan nasi goreng merupakan dua dari lima jenis masakan yang dipromosikan oleh Kementerian Pariwisata sebagai simbol kuliner Indonesia, kecuali sop, sate dan gado gado,” Tourism Arief Yahya In a Dalam keterangan tertulisnya pada Sabtu (15 Juli 2017), disebutkan bahwa pada tahun 2011, sajian asal Sumatera Barat ini juga dinilai sebagai makanan terlezat di dunia.

Sebelumnya pada tahun 2011, kuliner Sumatera Barat juga dinilai sebagai salah satu yang terlezat di dunia: “Hal ini telah meningkatkan brand kuliner Indonesia, dan tentunya juga meningkatkan taraf pariwisata di Indonesia,” kata Arief.Di tahun 2017 ini, rendang dan nasi goreng kembali menjadi makanan favorit banyak pembaca CNN World News. Selama proses inkubasi masih di bawah kepemimpinan Bekraf, ”ujarnya.Arif mengatakan bahwa memasak telah menjadi bagian penting dari industri pariwisata: “Semakin banyak orang belajar tentang makanan kita, semakin mereka ingin datang ke negara kita. Ini adalah budaya diplomasi negara kita.”

Kementerian Pariwisata akan melakukan promosi brand restoran Indonesia di luar negeri untuk mendukung promosi di Indonesia. Daerah tersebut dipilih berdasarkan tujuan pariwisata (misalnya, restoran Indonesia di Perancis). “Kita juga sudah merumuskan strategi untuk mengembangkan destinasi kuliner Indonesia. Ada Bali, Georglossema, dan Bandung. Laki-laki di Banyuwangi mengatakan memilih kota-kota ini bukan hanya karena kaya akan masakan. Pengalaman, tapi juga karena komitmen pemerintah hingga wisata kuliner.Esthy Reko Astuti, Wakil Menteri Bidang Pengembangan Pasar Pariwisata Kepulauan, menyambut baik hal tersebut. Di bidangnya, memasak selalu menjadi senjata utama untuk merebut hati turis mancanegara, kata Esti, rendang merupakan salah satu makanan khas Indonesia.

“Indonesia memiliki lebih dari 5.350 resep tradisional orisinil yang sudah menjadi tradisi di Indonesia. Tidak hanya enak dan enak, tapi setiap jenis makanan memiliki sejarah yang panjang. Masakan kami kaya warna dan kaya rasa, dan kami adalah bangga itu, kata Esthy CNN telah lolos Daftar 50 makanan terlezat di dunia dipublikasikan di media sosial Facebook dengan 35.000 suara.Alhasil, rendang khas Sumatera Barat menduduki peringkat pertama, Menariknya, CNN mengabarkan bahwa bukan hanya rendang tapi juga nasi goreng menempati peringkat kedua, dan makanan Indonesia lainnya yang masuk dalam daftar itu adalah pasir Ayah, peringkat ke-14.

4. Keris Indonesia Dipamerkan di Luar Negeri

Keris Indonesia Dipamerkan di Luar Negeri
detikNews

Dimanapun Anda berada, Keris selalu memiliki nuansa yang misterius. Apalagi saat dipamerkan dalam pameran Museum Seni Oriental di Moskow, Rusia, Pratomo Ann, Sekretaris Ketiga Menteri Sosial dan Budaya KBRI Moskow, mengatakan dalam siaran pers yang disampaikan kepada detikcom, glans sering terlihat untuk budaya jawa. Tepatnya, adalah budaya istana. Keris juga erat kaitannya dengan upacara peringatan 1 Suro di Jawa, yang dianggap saat yang tepat untuk membersihkan keris atau tosan aji lainnya. Penuh dengan aroma misteri.Pameran Keris dan senjata tradisional Indonesia dibuka secara resmi oleh direktur museum. Pada malam 19 Februari 2013, Sedov bergabung dengan Duta Besar Indonesia untuk Federasi Rusia dan Djauhari Oratmangun Republik Belarus. Selain itu, ada Joanna Wasilewska, wakil direktur Museum Asia Pasifik di Warsawa.

Koleksi senjata yang ditampilkan dalam pameran bertajuk “Magic Weapons from Heaven” merupakan koleksi Museum Asia Pasifik di Warsawa, Polandia. Ada sekitar 100 ukuran Crimsongrass yang berbeda di berbagai daerah di Indonesia (termasuk Jawa, Bali, dan Madura). Hampir semua koleksi Cocktail merupakan koleksi pribadi Andrzej Nusantara Wawryzniak, direktur Museum Asia-Pasifik di Warsawa, yang juga mengetahui unsur misterius Cocktails.Selain itu, puluhan senjata tradisional Indonesia lainnya, seperti tombak, panah, pisau, parang, mandawas, renkang dan dari Sumatera Utara, Sumatera Barat, Aceh, Kalimantan, dan Flores ditempatkan di lemari kaca.Si, Subawa dan Papua Kapak di Nusantara, Museum Seni Oriental. museum.Tidak hanya senjata tradisional, Museum Asia Pasifik Warsawa juga berisi kerajinan tradisional nusantara seperti kain batik, pakaian adat, ukiran kayu, dan lukisan tentang epos Ramayana dan Moa Balata. Lukisan-lukisan ini juga akan menjadi bagian dari koleksi utama pameran. Dipamerkan bersama.

Pameran seni rupa Indonesia dalam koleksi Museum Asia Pasifik Warsawa akan berlangsung hingga 12 Mei 2013.Dalam sambutannya, Duta Besar Djauhari Oratmangun menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Museum Asia Pasifik Warsawa yang telah mengumpulkan dan memelihara senjata dan kerajinan tradisional nusantara dan Museum Seni Oriental Moskow yang telah menjadi tuan rumah pameran. Duta Besar mengatakan: “Terima kasih kepada Museum Asia-Pasifik dan Museum Seni Oriental Moskow yang telah menyediakan tempat bagi kami dan mengadakan pameran khusus tentang senjata tradisional Indonesia.”Menurut Dubes, maskot tersebut merupakan representasi budaya Indonesia yang unik dan telah diakui dunia. Saat melihat atau meneliti Keris, nama Indonesia pasti akan sangat populer di hadapannya. Senjata atau karya seni yang khas dapat membuat negara lain memahami suatu negara atau negara.

5. Kain Tenun Indonesia Digunakan Merk Fashion Ternama

Kain Tenun Indonesia Digunakan Merk Fashion Ternama
Lelemuku

Belakangan ini, mungkin yang paling mudah dilihat adalah maraknya penggunaan batik pada produk fashion anak muda. Dulu, memakai batik mungkin tidak keren sama sekali, namun dengan perkembangan fashion, produk dengan motif batik, mulai dari kemeja dan kaos hingga segala macam aksesoris cantik, bisa didapatkan dengan mudah. Padahal Indonesia memiliki kekayaan budaya yang melimpah, ragam gaya pakaian dari ujung timur sampai ujung barat yang kesemuanya memiliki ciri khas masing-masing. Salah satu keunggulan kain Indonesia adalah proses pembuatannya yang masih sangat manual, menggunakan bahan alami, dan pengerjaannya diturunkan dari generasi ke generasi, belum lagi proses pengolahannya yang memakan waktu lama, yang menjadikan kain handmade khas Indonesia ini sangat berharga. dan kualitas yang berharga.

Berbicara tentang kain, selain batik, Anda mungkin mengenal kain yang disebut tenun. Tak jauh berbeda dengan batik, tenun juga memiliki corak yang indah dan kearifan lokal yang berharga. Dengan nilai berharga dari rajutan ini, fakta membuktikan bahwa hal tersebut dapat membuat banyak produsen dan brand pakaian ternama asing mulai memperhatikannya karena keindahan dan nilainya. Gucci dan Christian Dior adalah beberapa merek ternama yang memutuskan menggunakan kain tenun asli Indonesia. Mereka menyudahi buat memakai materi membordir asli Indonesia serta bertugas serupa dengan pengrajin lokal Indonesia .Saat kain tenun Indonesia memasuki dunia fashion dunia, kini Anda akan merasa bangga saat melihat perpaduan karya desainer ternama dan kain tenun Indonesia. Kain tenun Indonesia dikenakan para model saat berjalan di runway atau runway. Selain dua merek besar tersebut, ternyata ada perusahaan lain yang menggunakan kain asli Indonesia, salah satunya Burberry yang menggunakan tenun ikat yang sangat berkesan.

Penggunaan material lokal melalui berbagai jenis merk internasional membuat kami bangga dan mulai lebih mengapresiasi produk handmade lokal yang sangat cocok. Buang aibnya produk Indonesia, karena fakta telah membuktikan bahwa produk lokal Indonesia memiliki estetika dan kualitas yang baik.Selain kearifan lokal dan berbagai produk yang terkandung di dalamnya, tidak kalah dengan produk luar negeri yang mengiringi perkembangannya.Buatlah bahan-bahannya. dan bahan buatan Indonesia lebih berharga.Proses pembuatan kain tenun inilah yang membuat kain ini begitu menarik dan istimewa. Teknologi manufaktur ini menggunakan alat tradisional khusus untuk menggabungkan benang longitudinal dan transversal. Umumnya, jenis bahan yang digunakan untuk membuat kain tenun meliputi serat kayu, katun dan sutra, serta banyak bahan lain yang digunakan. Perbedaan bahan yang digunakan juga membuat kain yang dihasilkan memiliki karakteristik yang berbeda, seperti penggunaan emas atau perak untuk tenun, yang nantinya akan dibuat menjadi kain yang disebut songket dan masih banyak lagi jenis lainnya yang sangat unik dan mudah dipahami.

Baca Juga : Negara “Mapan” Paling Korup Yang Ada di Dunia

6. Gamelan

Gamelan
Good News From Indonesia

Gamelan merupakan salah satu alat musik tradisional Indonesia yang sudah mendunia. Alat musik tradisional yang dipukul dan dimainkan ini tidak hanya terkenal di Indonesia. Namun di luar negeri, banyak warga negara lain juga belajar dan memainkan alat musik ini. Gamelan sudah memasuki keseharian masyarakat, misalnya dalam acara pernikahan yang menggunakan upacara adat Jawa, pertunjukan wayang yang diiringi oleh pasangan penari. Gamelan merupakan kegiatan menabuh yang dilakukan oleh masyarakat jaman dahulu dan kemudian menjadi nama alat musik.

Menurut “Encyclopaedia Britannica” (Encyclopaedia Britannica, 2015), gamelan terdiri dari Gong, Kenon, Gambang, Serenpen dan alat musik pengiring lainnya. Gamelan merupakan satu kesatuan yang lengkap yang dapat ditampilkan dan dibunyikan secara bersama-sama. Semuanya diatur sedemikian rupa dan membentuk standar dalam konteks permainan tradisional. Irama musik mencerminkan keharmonisan hidup yang merupakan prinsip hidup masyarakat Jawa. Gamelan terutama terbuat dari kayu dan baja atau paduan timah dan tembaga. Menurut orang Jawa, gamelan diciptakan oleh dewa Sang Hyang Guru yang menguasai daratan Jawa yang tinggal di Gunung Lawu. Artinya, digunakan untuk memanggil dewa lain. Seringkali diiringi dengan bunga dan dupa untuk mengimbangi irama gamelan.

Aksi misterius ini dilatarbelakangi oleh keyakinan mereka bahwa masyarakat Gamelan hidup dalam bentuk makhluk halus. Saat memainkan gamelan, pemusik harus melepas sepatu. Gamelan sangat dihormati dan tidak boleh diabaikan karena diyakini semangat gamelan akan membuat marah dan melukai orang yang tidak menghormati gamelan. Dipercaya bahwa permainan tertentu pada Gamelan akan mempengaruhi alam. Para musisi Jawa percaya bahwa Gong Ageng adalah ruh utama Gamelan. Menurut laporan Kompas.com (24/2/2018), relief Borobudur memang menggambarkan alat musik gamelan. Artinya Gamelan sudah menjadi aktivitas sehari-hari masyarakat sejak abad ke-9, kemudian berpindah-pindah berbagai budaya dari Eropa dan Arab.Pemain gamelan harus lembut. Duduklah dengan bersila. Temperamen musisi tidak boleh nakal dan harus penuh perhatian. Anda tidak harus mengalahkannya secara sembarangan. Dengan kata lain, hidup harus bisa mengendalikan diri dan menjaga tingkah laku yang baik. Bukan jumawa. Dalam aransemen gamelan, penyanyi menentukan ritme musik. Dia seperti seorang pemimpin.

7. Pulau Bali

Pulau Bali
Wikipedia

Bali adalah sebuah pulau di Negara Kesatuan Republik Indonesia yang terkenal luntur di hampir seluruh penjuru dunia. Pulau ini memiliki keindahan alam dan keunikan budaya yang masih terjadi hingga saat ini. Selain itu, keramahan masyarakatnya juga menjadi simbol Bali yang bisa membuat kita betah selama perjalanan jauh menuju pulau dewata. Dapat dikatakan bahwa budaya Bali telah diwariskan secara turun temurun, bukan karena jumlah wisatawannya yang besar, melainkan janji masyarakat Bali bahwa mereka akan terus mempertahankan budayanya sendiri, sehingga menjadi simbol Bali sendiri.

Bali merupakan destinasi wisata paling terkenal di Indonesia, destinasi liburannya memadukan keindahan pantai yang mempesona dan kehidupan malam yang cerah, sehingga dinobatkan sebagai Bali (pulau terindah di dunia) oleh Travel Magazine pada tahun 2009. Salah satu objek wisata terbaik. Pada tahun 2010, ia juga memenangkan penghargaan tempat kedua “Perjalanan Terbaik 2010” oleh “Majalah Leasure”. Bali memiliki julukan yang bermacam-macam, ada yang menyebut Bali sebagai pulau dewata, pulau surga, dan ada pula yang menyebutnya Seribu Pura. Pesona alam yang luar biasa, seperti persawahan yang luas memberikan rasa ketenangan dan kedamaian, gunung berapi yang menjulang tinggi terlihat besar dan dekat, keindahan pantainya dan hamparan pantai mempesona yang tak ada habisnya membuat Anda mendambakan Bali.

Selain itu Bali juga terkenal dengan seninya. Banyak sekali karya seni yang dihasilkan oleh warga sekitar, dan karya seni tersebut tentunya sangat menarik dan unik. Biasanya karya seni dipajang di galeri seni di banyak kawasan wisata di Bali. Selain kesenian, Bali juga memiliki kekayaan seni tari dramatis yang unik, serta upacara adat yang berwarna-warni. Dunia kuliner juga sangat beragam. Maka dari itu, jika anda berkunjung ke pulau ini, anda akan menemukan bahwa Bali memiliki berbagai macam masakan, antara lain masakan khas Bali, masakan dalam negeri bahkan masakan mancanegara.

Kebanyakan orang Bali menganut kepercayaan atau agama Hindu, dapat dikatakan bahwa orang Bali sangat religius dalam beragama. Kebanyakan dari mereka mendidik hidup mereka dalam ritual tradisional yang bertujuan untuk menjaga perdamaian dunia. Tak heran jika Bali memiliki banyak keunikan yang membuat kaget kita yang belum mengenal Bali. Tempat wisata Bali juga menjadi tempat berkumpulnya wisatawan dari seluruh dunia, mulai dari yang ingin mengagumi keindahan pegunungan dan danau hingga yang datang untuk mengapresiasi keindahan pantai dan berselancar di Bali. Tak hanya itu, banyak juga wisatawan yang datang ke Bali hanya untuk berbelanja dan menghabiskan waktu di sini.

Berita